Halaman

Rabu, 05 Februari 2014

KARAKTER DASAR & PERSONALITY


Pendahuluan

Mengenal karakter dasar Personality manusia dan teka-teki kepribadian dilingkungan kerja maupun dalam kehidupan sosial bermasyarakat, adalah merupakan momentum awal tercapainya keberhasilan atau kesuksesan satu individu dalam kehidupannya.
Dalam hal  keberhasilan ukurannya sangatlah relatip, masing-masing individu akan berbeda cara pandangnya. Bagi individu yang sudah berkeluarga dapat mengerti dan memahami karakter suami, istri dan anak-anaknya adalah suatu kesuksesan dalam pencapain tujuan kehidupan rumah tangga, bagi sebagian lainnya “ jabatan dan uang adalah ukuran sukses”.

Bahwa sesungguhnya manusia sejak dilahirkan masing masing telah mewarisi empat macam Karakter Dasar sebagai karunia Ilahi, yang akan membentuk kepribadian satu individu dalam kehidupan sosialnya apapun profesi yang akan dijalankannya.
Ilmu Pengetahuan tentang karakter dasar manusia, pada awalnya ditulis dalam kisah “Maha Brata susastra suci kuno,” oleh seorang “Maha Rsi Bhagawan Bhyasa” pada zaman “Dwapara Yuga” sekitar 7000 tahun sebelum masehi, yang kemudian diaktualisasikan oleh Hypocrates ( cikal bakal ilmu kedokteran ) pada kejayaan zaman Yunani kuno, kemudian diriset secara ilmiah dengan methode phsyco analisis, dan kini telah  dibukukan dengan Judul Personality plus oleh Florence Maritta Liteuer di era zaman modern ini ( salah satu buku best seller dan menjadi buku wajib dibaca bagi mereka yang berkepribadian sukses ).

Empat macam karakter kepribadian dasar manusia antara lain :

1.     Sanguiness Populer dengan elemen udara yang dominan.
2.     Korelis yang gagah berani dengan elemen api yang dominan.
3.     Melankoli sempurna dengan unsur tanah/bumi yang dominan.
4.     Plagmatis damai dengan unsur air yang dominan.
5.     Karakter kombinasi diantara ke empat unsur alam, dan sangat banyak diantara kita yang memiliki karakter campuran.

Yang perlu dimengerti dan dipahami bahwa ke empat karakter dasar tersebut telah dikarunia oleh sang Maha Pencipta dengan sifat sifat baik dan buruk, kekuatan dan kelemahan, gelap dan terang negatip dan positip dan masing-masing karakter telah dibekali Instingtif untuk saling memiliki ketertarikan interaksi dan atau pasangan lawan jenis untuk saling mengisi dan melengkapi potensi karakter masing masing dalam menjani kehidupannya, guna meraih Sukses atau keberhasilan pencapaian tingkat kwalitas kehidupan sebagai manusia, baik material dan juga kecerdasan spiritual.
Mengenal dengan cepat ciri-ciri bahasa tubuh dan kebutuhan phsycologis Karakter dasar manusia  melalui cara praktis ;

Cara pandang dan Sorot mata ;
1.     Lihat sorot matanya,kalau sorot matanya sering berbinar binar dan berkaca-kaca ceria, pupil matanya cendrung besar adalah Sanguinis udara.
2.     Kalau sorot matanya tajam dan berani bertatap pandangan lama, maka dia adalah Korelis api.
3.     Mengenali individu Melankolis dan Plagmatis dalam kerumunan orang memang agak sulit dan akan lebih mudah mengenali karakter pada individu  yang masih anak anak yang masih polos.

Cara berbicara ;
1.     Kalau orang banyak bicara dan paling terdengar tertawanya, selalu ceria, banyak guyonan, humoris dan suka jail, maka dia adalah sanguinis udara.
2.     Kalau bicara ceplas ceplos, tentang kewajiban, keharusan dan urusan pengaturan dan kendali maka dia Korelis api.
3.     Kalau orang saat bicara sering minta maaf, sopan, tenang dan tertata rapi, maka dia Melankolis sempurna dengan elemen bumi/tanah.
4.     Kalau orang bicara tenang, pelan dan cendrung pendiam lebih suka mendengar dari pada bicara maka dia adalah Plagmatis yang damai dengan elemen air.

Gerakan sikap bahasa tubuh ;
1.     Kalau waktu bicara seluruh mimik wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan, kalau punya kantor tapi jarang bisa duduk lama di meja kursi kantornya, maka sanguinis udara.
2.     Kalau sedang berjalan dengan langkah mantap, tegap menginjak bumi, duduk bersilang kaki dengan tangan diletakan di belakang tengkuk, duduk tegap dengan tangan bersilang dada nampak serius pada mimik wajah, maka dia Korelis api.
3.     Kalau saat duduk bahasa tubuhnya dengan tangan sering pegang kening, pipi, atau ke mulut, seolah sedang berpikir, mengevaluasi dan introspeksi maka dia Melankolis tanah.
4.     Kalau saat duduk pinggang cendrung turun dan bersandar, rileks santai dan tenang maka dia adalah Plagmatis damai dengan elemen air.

Sikap dalam berinteraksi dengan orang lain ;
1.     Kalau dia tidak malu-malu tanya, dan senang gosip ngomongin rahasia orang lain, selalu ada cerita yang dapat menarik perhatian banyak orang, jelas dia adalah Sanguinis populer.
2.     Kalau saja ada orang tiba-tiba merapikan krah baju temannya, menunjukan kancing baju temennya yang salah pasang atau memberitahukan secuil remah yang masih menempel dibibir temennya,  atau secara otomatis sering nyuruh-nyuruh temannya,pengatur dan berani berbeda pendapat, berdebat alot berusaha keras menyakinkan orang lain untuk menerima pendapatnya maka dipastikan dia adalah korelis kuat dengan elemen api.
3.     Kalau ada orang yang peka dan sensitip terhadap tanggapan orang lain, atau bisa sedih menangis atas cerita orang lain, maka dia Melankolis tanah/bumi.
4.     Kalau dia easy going, nurut, dan cendrung tidak bisa menolak permintaan temen temennya,  atau orang lain maka dialah Plagmatis yang damai dengan elemen air.

Lihat cara berpakain ;
1.     Sanguinis populer, berpakain trendy, modis, pilihan warna mencolok dan sangat mudah dikenali dalam kerumunan.
2.     Korelis kuat, tidak perduli dengan penampilan pakain, yang penting fungsinya, praktis dipakai.
3.     Melankolis Sempurna, berpenampilan konserpatip rapi serasi, sepatu mengkilap, sisiran rapi klimis dan bersih.
4.     Plagmatis damai, berpenampilan konserpatip, easy going  seperti apa adanya.

Perhatikan sikap ketika sedang diminta untuk mengambil keptusan ;
1.     Sanguinis udara akan cepat mengambil keputusan yang dapat menyenangkan dirinya.
2.     Korelis api yang gagah berani, akan cepat mengambil keputusan dengan caranya sendiri dan berani mengambil resiko dan konsekwensinya.
3.     Melankoly sempurna, akan lama berpikir dan penuh perhitungan yang sangat detail.
4.     Plagmatis damai akan sangat lama berpikir, tapi bukan untuk ambil keputusan dan selalu akan setuju dengan keputusan yang sudah ada.

Karakter kepribadian dalam sikap temperamen yang extreem :
1.     Sanguinis Populer : senang dipuji, selalu menjadi pusat perhatian, humoris, tidak suka di kritik, periang dan sangat energik, cepat lupa dan kurang pokus
2.     Korelis kuat yang gagah berani : sangat membutuhkan pengakuan atau kagum atas prestasi dan pencapaiannya, mendominasi dan  bicara  to the poin.
3.     Melankoli sempurna sangat sensitif dan peka perasaannya, terutama atas kritik terhadap dirinya, karena orang melankoly sudah sangat pintar introspeksi dirinya, lebih menghargai hitungan yang detail dan keteraturan.
4.     Plagmatis damai adalah teman dan sahabat yang setia, tenang dan sabar, tidak menyukai dan menghindari konplik.
Setelah kita menyadari dan memahami bahwa manusia di ciptakan Tuhan dengan karakter dasar bawaan semenjak dilahirkan, maka dapat dipastikan bagi orang berkeluarga dan sudah mempunyai anak anak akan lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi sesuai dengan kebutuhan karakter bawaan dasar pasangan hidup atau anaknya, tidak perlu otoriter dan lebih bijak karena ternyata masing masing anak memiliki kebutuhan phsycologis dan cara pendekatan yang berbeda satu dengan yang lainnya, dalam kehidupan sosial kemasyarakatan atau rumah tangga ,pengenalan karakter kepribadian akan sangat berguna.
Berikut apa yang masing-masing karakter butuhkan dan paling mereka hindari dalam kehidupannya ;

1.     Sanguinis ;
  •  Kebutuhan
-         Perhatian.
-         Dukungan
-         Kasih sayang
-         Penerimaan.
  • Yang dihindari
-         Tugas yang membosankan yang tidak ada keramaian.
-         Rutinitas
-         Kritik
2.     Korelis ;
  •  Kebutuhan
-         Penghargaan terhadap prestasi
-         Peluang memimpin
-         Partisipasi memutuskan
-         Sesuatu untuk diatur.
  • Yang dihindari
-         Istirahat
-         Kebosanan karena tidak ada tantangan
-         Permainan yang tidak mungkin bisa dimenangkan
3.     Melankoli ;
  • Kebutuhan
-         Kepekaan keinginan
-         Kwalitas prestasi
-         Ruang sendiri untuk berpikir
-         Ketenangan stabilitas dan dukungan orang tua.
  •  Yang dihindari
-         Keributan/kegaduhan
-         Kebisingan
-         Urusan sepele dan di olok-olok.
4.     Plagmatis ;
  • Kebutuhan
-         Relaksasi dan santai
-         Perhatian
-         Pujian
-         Motivasi penuh kasih
  • Yang Dihindari
-         Konflik dan konfrontasi
-         Inisiatif
-         Mengambil keputusan
-         Kerja extra
-         Tanggung jawab

Pengetahuan tentang karakter dan personality juga sangat berguna dan membantu merangkai teka teki potongan potongan kepribadian dalam lingkungan kerja, dan sangat membantu pasangan rumah tangga untuk saling mengerti, memahami dan penerimaan kasih sayang dalam kehidupannya.

Laboratorium terbaik dalam pengamatan carakter personality secara phsyco analisis adalah lingkungan sosial derdekat, dalam rumah tangga dan hubungan keluarga, lingkungan kerja dan lingkungan tempat tinggal.

Ada satu kata-kata bijak yang terungkap dalam kisah-kisah kemaharajaan kuno dan diceritakan secara lisan oleh orang-orang terdahulu “ bahwa kekuatanmu adalah juga kelemahanmu, dan kelemahanmu juga menjadi suatu kekuatan
“ Segala Ilmu pengetahuan yang diterapkan hanya untuk kesenangan pribadi dan kenikmatan duniawi, hanya akan membawa manusia terpuruk dalam kehancurannya”, dan Pengetahuan yang diterapkan untuk hal yang dapat berguna dalam peningkatan kwalitas kehidupan akan kesadaran sang diri terhadap eksistensi Tuhan Yang Maha Pencipta, Pemilik mutlak alam semesta dengan segala isinya adalah pengetahuan kesadaran tertinggi dan maha Mulia.” ( Srimad Bhaghawantam )
Selamat menjadi pengamat dan analist karakter personality yang bijak, dan sampai jumpa di puncak sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar